Tips Merawat Baterai Laptop

Baterai laptop merupakan komponen penting yang harus dirawat. Jika laptop tidak didukung dengan power dari baterai maka pengguna harus selalu mencolokkan kabel daya ke sumber listrik saat ingin menggunakan laptop. Tentu saja, hal itu akan sangat merepotkan dan mengurangi fungsi portable yang menjadi kelebihan laptop. Berikut ini beberapa tips merawat baterai laptop:

1. Kenali terlebih dahulu jenis baterai laptop Anda karena di pasaran beredar beraneka jenis baterai laptop (misalnya: nickel cadmium, lithium-ion). Tiap jenis baterai memerlukan perawatan khusus. Jenis baterai yang paling umum digunakan adalah baterai lithium-ion karena dapat bertahan ketika dicharge berkali-kali tanpa menunggu terisi penuh.
2. Charge baterai laptop baru hingga penuh sebelum pertama kali menggunakannya. Langkah ini hanya dilakukan jika baterai belum di charge oleh produsen.
3. Baterai laptop sensitif dengan perubahan suhu, maka hindari suhu yang terlalu panas atau dingin. Hindari baterai laptop terkena terik sinar matahari atau sumber panas lainnya! Sebaiknya laptop yang berisi baterai tidak diletakkan di dalam mobil yang terkena langsung panas matahari. Gunakan cooling pad saat laptop digunakan dalam jangka waktu lama agar baterai tidak panas.
4. Hindari memasukkan baterai laptop ke dalam lemari es maupun tempat bersuhu terlalu dingin. Suhu dingin yang ekstrim dapat merusak baterai. Hindari baterai dari air dan kelembaban. Hal ini untuk menghindari jamur dan korosi pada komponen baterai.
5. Lepaskan baterai jika ingin menyimpan laptop dalam waktu lama. Hal ini dilakukan untuk mencegah korosi baterai dengan komponen pada laptop. Sebelum melepas baterai, usahakan baterai sudah terisi penuh. Simpanlah baterai pada suhu ruangan dan tempat yang kering. Jangan membiarkan baterai laptop mengganggur dalam waktu lama hingga berbulan-bulan. Sesekali pakailah baterai laptop agar ia tidak kehilangan kapasitasnya.
6. Jika ingin memakai laptop dalam waktu lama dengan sumber listrik, sebaiknya lepaskan baterai. Jika tidak, Anda akan bolak balik mengisi baterai dan ini akan membuat baterai lebih cepat rusak. Jangan melepaskan baterai saat laptop masih menyala karena dapat membuat sistem di laptop menjadi crash dan merusak hardware.
7. Jangan biarkan baterai sampai kosongTerlalu sering mengosongkan baterai akan memperpendek umur baterai. Sebelum baterai habis, charge baterai tersebut sampai penuh. Pengguna Windows Vista dan Windows 7 dapat melakukan setting laptop mati sebelum baterai kosong di bagian Power Options.

One thought on “Tips Merawat Baterai Laptop

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s