sombongnya aku

newreal

kok sombong sih wie…!

Sufyan Ats-Tsaury ra. berkata :
“Setiap kemaksiatan yang timbul dari dorongan nafsu masih bisa diharapkan ampunannya, sedangkan setiap kemaksiatan yang timbul dari dorongan kesombongan, maka tidak dapat diharapkan ampunannya.”

Sebab kedurhakaan iblis bersumber dari sikap sombong, sedangkan ketergelinciran Nabi Adam As. akibat dari dorongan nafsu.

Dari uraian itu jelas kesombongan lebih buruk dari pada nafsu. Maka dari itu, sudah selayaknya aku menjauhi sifat sombong yang ternyata selama ini sudah menggerogoti sebagian besar hati ku.

analisa ku

-Dari sifat ku yang selalu ingin menjadi yang terbaik, mengkibatkan aku selalu ingin terlihat baik, tidak peduli secara fisik maupun sifat/karakter. Nyatanya salah besar… padahal dari semua keinginanku menjadi yang terbaik jika tidak diimbangi dengan penjagaan hati dari sifat sombong mengakibatkan hal² negative antara lain :

  • Terlalu sering meremehkan orang lain.
  • Menganggap diri bisa lebih baik daripada orang lain, padahal nyatanya..???
  • Terlalu fokus dengan hal² yang membaikkan diri tanpa dibarengi dengan berfikir akibat yang akan terjadi.
  • Keegoisan yang muncul menjadikan diriku lebih mementingkan urusanku. sehingga sering tidak peduli dengan orang lain asalkan bisa mendapatkan ambisi pribadi.
  • Terlalu perhitungan yang mengakibatkan aku tidak sadar kalau sudah sangat kikir. padahal semua hal dunia sudah di takar.
  • Ringan bibir hingga tidak terasa selalu berbicara tanpa ada rem atau batas. menjadikan aku kesulitan untuk menepatinya. sungguh ini yang sudah terlalu kronis, musti ada penanganan khusus biar ga sampe menjadi lebih parah.
  • sulit konsisten dengan hal² yang menjadi komitmen.
  • Terlalu PD juga yang mempengaruhi semua hal negative diatas.

koreksi-koreksi

Hidup bukanlah tujuan, namun hanya sebuah perjalanan menuju kematian yang mana dalam perjalanannya tidak lain hanyalah suatu proses untuk membawa amal ibadah dan kebaikan. Pasti beruntung jika saat kematian menjemput langkah-langkah kehidupan yang telah dijalani, sesuai dengan tujuan utama diciptakannya kita yang tidak lain hanyalah untuk beribadah kepada Allah SWT. sebaliknya amat merugilah jika tiap langkah yang kita pijakkan di muka bumi ini berisi dengan harapan-harapan kosong yang semu tanpa adanya suatu tujuan yang jelas kemana, dan untuk apa sebenarnya kehidupan kita ini. Ingatlah tiap detik yang dijalani tidak akan luput dari pertanggungjawaban kelak saat kehidupan yang sebenarnya(akhirat).

Kenyataan yang terjadi padaku :

Meskipun setiap hari aku selalu berusaha mempelajari ilmu agama, managemen qolbu, serta hukum-hukum syariat.. juga keinginanku yang selalu mendorong untuk mempelajari lebih dalam tentang makna kehidupan, ternyata sangat kesulitan menepati semuanya itu. Mungkin kata-kata yang tepat untuku saat ini hanya BULSHIT omong kosong belaka. akui sajalah wie itu semua sebuah keburukan, perlu ada langkah serius untuk merubah ini semua.

Ambil pelajaran kejadian-kejadian yang sudah terjadi, apa coba yang kamu dapat dari semua itu, memang diawal kamu terlihat begitu kokoh dengan semua yang kamu ucap, terlihat begitu hebat dengan semua pengalaman-pengalaman yang kamu ketahui, bahkan kamu terlihat paling layak di gauli padahal kenyataannya,, hatimu busuk egois serta jauh dari kata TULUS.

terapi dulu ya wie…!

Aku tau sekarang semua sudah terjadi, semakin dipikir pasti semakin banyak keburukan-keburukan yang sudah aku lakukan, namun jika aku yang sekarang sudah sadar ga boleh terlarut dalam pengamatan/koreksi-koreksi ini tanpa adanya suatu langkah serius yang terperinci juga terstruktur dengan baik. ayo wie berfikir sejenak, bertekat bulat serta berkeinginan serius untuk menjalani terapi ini. so… ayo mulai dari hal-hal kecil, mulai dari diri sendiri, dan pastinya mulai dari detik ini juga.

  • JANGAN SELALU MENJALANKAN AMAL, DENGAN NIAT UNTUK DILIHAT ORANG, meskipun kamu paham bener tapi selama ini kenyataannya kamu mudah sekali digelincirkan syaiton.
  • SELALU INGAT ALLAH SAAT MELAKUKAN SEGALA SESUATU, ya meskipu sulit kalo tidak dimulai bagaimana bisa berubah…!
  • LURUSKAN NIAT, DENGAN BERFIKIR SEJENAK SEBELUM BERTINDAK, sesuai dengan pesan Rosulullah “Jika kamu akan melakukan sesuatu, berhentilah sejenak untuk berfikir. Jika itu suatu kebaikan lakukanlah, tapi jika itu suatu keburukan maka tinggalkanlah.” jelas sudah kan wie…!
  • PERHITUNGKAN BENAR SALAHNYA, JANGAN NGAWUR KALO BERTINDAK. kamu lo wie sekarang sudah dewasa, masak masih seperti itu,, ngawur dan kurang bertanggung jawab dengan tindakanmu.
  • INGATKAN KATA TEMENMU, “KALO KAMU GA MAU DI GITUIN, YO JANGAN LAKUKAN ITU SAMA ORANG LAIN.
  • PERBAIKIN TUH JADWAL, BERANTAKAN SEMUA ITU LO, liat kerjaanmu, liat kuliahmu masak ngatur gitu aja kalah sama nafsumu se.. ayo mulai sekarang kerjaan ditata yang rapi hadapi harimu dengan semangat, pasti waktumu ga akan terbuang sia-sia.
  • DAH TAUKAN APA YANG NYEBAPIN KAMU MALAS, nah… kalo sudah tau malasmu itu karena kamu terus mau nurutin tanpa adanya keinginan lebih besar untuk tanggung jawab jadinya kan keterusan sama semua urusanmu. huh dasar PEMALAS KAMU INI.
  • AYO GA USAH RENCANA MULUK-MULUK jalani aja yang ada sekarang dengan sebaik-baiknya pasti hasilnya segera keliatan.
  • TERAKHIR BERDOA KUNCI UTAMA, Karena kita senantiasa akan tersesat, kecuali yang telah Allah beri petunjuk. maka sudah selayaknya harus selalu memohon petunjukNya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s